Tuesday, October 29, 2019

Gig Economy



Moms sudah pernah dengan "gig economy" kan? Sebenarnya apa sih "gig economy" itu ? bagi moms yang tertarik bekerja di rumah, sepertinya perlu tahu lebih lanjut apa itu gig economy!



Menurut Investopedia, gig economy adalah suatu kondisi perekonomian dimana terjadi pergeseran status para pekerja perusahaan, umumnya merupakan perubahan tenaga kerja permanen menjadi karyawan kontrak, independent workers ataupun karyawan tidak tetap. 

Gig economy sudah berkembang di Indonesia namun kebanyakan pada industri transportasi online atau pada keahlian tertentu. Demikian pula pada industri kreatif kelas menengah ataupun starup cenderung menerapkan economy gig karena dianggap lebih efektif. Karena dengan mengunakan tenaga freelancer, bisa mengurangi pengeluaran tetap pekerja seperti asuransi kesehatan dan jaminan hari tua.

Istilah lain yang mendukung gig economy yaitu on-demand workers  yaitu pekerja yang bekerja disaat dibutuhkan saja, atau 'mau bekerja" disaat butuh. Pekerja jenis ini dilansir oleh Majalah Forbes akan mendominasi di tahun 2030.

Fenomena yang juga disebut sebagai Sharing Economy ini tentunya dapat menjadi ancaman apabila tidak mempersiapkan diri dengan baik. Karena akan mudah bagi seorang freelancer yang terampil untuk memperoleh penghasilan yang baik. Sebaliknya, bagi mereka yang tidak mempunyai ketrampilan memadai akan sulit mencari pekerjaan.

Penting untuk mempersiapkan diri menghadapi Gig economy, salah satunya dengan terus meningkatkan baik hard skill maupun soft skill. Bekal seorang freelance perlu untuk terus update informasi dan sangat membantu bila dilengkapi dengan ketrampilan bahasa asing. Sehingga diharapkan meningkatkan profil seseorang untuk siap menghadapi Gig economy.

No comments: