Tuesday, October 29, 2019

Tips Ibu Bekerja di Rumah




Salah satu perjuangan terbesar sebagai ibu rumah tangga yang sekaligus bekerja adalah menemukan waktu untuk benar-benar fokus pada pekerjaan. Hanya ada 24 jam dalam sehari, dan tidak pernah cukup waktu untuk menyelesaikan semua hal yang harus moms lakukan.


Jadwal bekerja di rumah berbeda dari jadwal pekerjaan rumah tangga. Moms harus menggabungkan pekerjaan rumah tangga dan pekerjaan moms dalam satu hari yang sama, seringkali tanpa pengasuhan anak. Sebagian besar waktu ibu memulai pekerjaan di rumah untuk bersama anak-anak mereka, mencoba bekerja di sekitar waktu tidur siang atau ketika anak-anak tertidur di malam hari. Jam-jam lain dalam sehari dihabiskan untuk melakukan pekerjaan rumah, menjalankan tugas, dan bersama anak-anak moms.

Berikut beberapa tips yang bisa moms coba untuk bisa bekerja di rumah sekaligus mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan mengasuh anak tentunya.
1. Pilih 3 prioritas utama moms untuk hari itu.
Memilih 3 prioritas utama moms akan membantu membangun pola pikir untuk hari itu. Setiap orang yang berbicara tentang manajemen waktu akan membuat jadwal dan membuat daftar tugas. Hal-hal itu membantu, tapi sebagian besar waktu moms tidak pernah mendapatkan setengah dari hal-hal yang harus moms lakukan. Itu bisa membuat moms merasa seperti tidak menghasilkan apa-apa di akhir hari.
Pilih prioritas utama untuk hari itu berdasarkan jadwal keluarga. Ini sangat membantu ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana. Menggunakan daftar tugas yaitu membuat daftar 3 prioritas hal yang harus dilakukan.
2. Buat rutin untuk anak-anak moms
Baik moms memiliki bayi, balita, atau anak-anak, ini membantu setiap orang untuk memiliki rutinitas. Menetapkan rutinitas membuat anak-anak merasa aman karena mereka tahu apa yang diharapkan. Kemudian moms dapat menciptakan ruang untuk mulai bekerja ketika anak-anak moms memiliki rutinitas.
Ketika anak masih bayi, memiliki rutinitas makan-bermain-tidur. Seiring bertambahnya usia, rutinitas berevolusi menjadi waktu tidur siang yang teratur di sore hari menjadi waktu tenang di sore hari (tidak ada yang tidur siang di sini lagi). Rutinitas tidur di rumah menjadi sangat penting karena perlu anak-anak untuk pergi tidur tepat waktu sehingga dapat bekerja atau beristirahat sehingga moms dapat bangun pagi untuk bekerja.
Rutinitas membantu anak-anak tahu ada waktu ketika kita akan bermain bersama, melakukan tugas bersama, dan waktu moms akan bekerja saat mereka bermain secara mandiri. Jadwalkan setiap 20 menit untuk memeriksa email atau mengerjakan tugas-tugas singkat sepanjang hari.
3. Waktu berapa lama mengerjakan tugas
Mengatur waktu berapa lama menegrjakan setiap tugas dapat membantu mengetahui bagaimana menjadwalkan hari moms sebagai ibu yang bekerja dari rumah. Moms perlu menyelesaikan cucian, menulis email, memasak makan malam, membuat makan siang, mengambil mainan, melipat lebih banyak baju, menyedot debu, membersihkan kamar mandi, menulis posting blog, menjangkau klien, menjadwalkan media sosial moms, dll.
Berapa lama masing-masing tugas itu berlangsung? Melakukan sesuatu yang biasa seperti melipat baju atau menyapu lantai tidak terlalu lama. Hanya sekitar 5-10 menit. Mengetahui bahwa moms tidak akan terjebak melipat pakaian di sisa hari itu benar-benar membantu mengatasi rintangan dalam menangani tugas.
Menyadari berapa banyak waktu yang terbuang untuk menghindari melakukan tugas-tugas tertentu. Ketika perlu duduk dan menulis email, biasanya membutuhkan sekitar 20 menit di media sosial atau belanja online sebelum benar-benar memulai. Membuat diri sadar bagaimana moms menghabiskan waktu, dapat membantu membuat perbaikan manajemen waktu sebagai seorang ibu yang bekerja di rumah.
4. Aktifkan daftar kegiatan
Ini adalah cara untuk membantu mengingat hal-hal penting yang perlu terjadi dalam kehidupan pribadi dan kehidupan kerja. Tahu bahwa moms tidak akan mendapatkan seluruh daftar moms setiap hari, itulah sebabnya memilih 3 prioritas utama. Namun, daftar tugas membuat moms tetap teratur.
5. Fokus pada tugas yang mendatangkan uang
Ada banyak hal yang harus dilakukan ketika moms menjalankan bisnis kecil, tetapi tidak setiap tugas menghasilkan uang.
Mulailah melacak tugas-tugas yang bermakna untuk meningkatkan penghasilan moms. Moms mungkin membuang-buang waktu untuk berfokus pada media sosial atau mengerjakan proyek yang tidak berharga. Karena waktu moms terbatas, masuk akal untuk hanya fokus pada hal-hal yang moms lakukan untuk menghasilkan uang.
Tampaknya berlawanan dengan intuisi untuk mempersempit fokus moms ketika datang ke bisnis, tetapi pertumbuhan yang paling besar biasanya berasal dari melakukan beberapa hal dengan baik dibandingkan mencoba menaklukkan segalanya!
6. Rencanakan malam sebelumnya
Pernah mengalami nggak moms mengetahui apa yang harus dikerjakan ketika akhirnya bisa duduk di depan komputer. Ada banyak hal yang harus dikerjakan dan biasanya lupa apa yang sudah dikerjakan sebelumnya.
Sekarang coba membuat rencana kegiatan malam sebelumnya. Memeriksa daftar tugas, memilih 3 prioritas utama dan menulis beberapa catatan tentang apa yang harus dilakukan saat bekerja. Hal tersebut membantu moms menjadi lebih produktif selama jam kerja.
7. Gunakan kalender untuk mengatur
Temukan cara untuk mengatur diri moms dengan kalender. Ini akan membantu moms melacak janji dan merencanakan bisnis moms di sekitar hari libur dan peluang menghasilkan uang penting.
Kalender fisik juga merupakan cara yang bagus untuk melihat kembali seberapa jauh moms telah datang dalam bisnis moms dan akan membantu moms melihat pertumbuhan moms dengan cara yang nyata.
8. Membuat sistem alur kerja
Setelah moms mulai mencari tahu hal-hal yang berhasil bagi moms, ubahlah langkah-langkah itu menjadi alur kerja. Siapkan template untuk membuat alur kerja moms berjalan lebih cepat. Minimalkan waktu yang moms habiskan untuk menciptakan hal-hal yang sama berulang-ulang. Moms dapat mulai membuat alur kerja dengan mengambil tugas mingguan dan memecahnya menjadi langkah-langkah sederhana. Kemudian cari cara moms dapat mempercepat proses moms dengan membuat template, garis besar, dll.
9. Minta bantuan
Ada kalanya kita perlu meminta bantuan suami untuk sedikit berbagi pekerjaan rumah atau sebentar bergantian menjaga anak-anak. Sungguh menakjubkan apa yang dapat moms lakukan ketika diberi waktu untuk bekerja.
10. Bekerja di rumah dengan gaya
Cari tahu cara berpakaian seperti apa yang membuat moms merasa percaya diri dan mencobanya! Berpakaian dengan nyaman sekaligus berdandan dan merawat diri, akan membantu meningkatkan motivasi bekerja lho moms.
11. Hargai diri sendiri
Sangat sulit untuk melakukan yang terbaik untuk mengembangkan pekerjaan moms di bisnis rumahan.
Ingatlah bahwa kehidupan sehari-hari tidak ada yang seperti kehidupan moms. Ada begitu banyak hal yang terlibat dalam menumbuhkan bisnis yang sukses. Mungkin mereka memiliki penitipan anak, mungkin mereka memiliki pengalaman sebelumnya, mungkin seseorang membersihkan rumah mereka untuk mereka, mungkin anak-anak mereka tidak membutuhkan perhatian sebanyak yang moms miliki ...
Sangat penting bagi moms menentukan seperti apa SUCCESS bagi moms, di musim kehidupan ini.
Kita harus realistis dalam pengharapan tentang waktu yang kita punya untuk lakukan dalam bisnis. Jangan lupa MENGAPA moms memulai bisnis moms, terutama jika ingin tetap di rumah bersama anak-anak moms.

12. Bersikap fleksibel
Akan ada hari-hari yang sulit, tidak peduli berapa banyak rencana moms atau seberapa keras moms berusaha untuk tetap pada jadwal.
Hal-hal tidak berjalan sesuai rencana, tetapi fleksibilitas adalah salah satu alasan utama mengapa moms ingin bekerja di rumah . Sehingga bisa membangun hidup di sekitar apa yang paling penting bagi kita daripada membangun hidup kita di sekitar pekerjaan.
Ingatlah untuk menghargai diri sendiri ketika gagal, dan untuk menjadi fleksibel ketika hal-hal sulit.

No comments: